Program Studi Sarjana Manajemen

Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) memiliki visi diakui sebagai program studi yang memiliki reputasi terbaik dalam pendidikan manajemen berbasis teknologi informasi yang bertaraf internasional, berjiwa kebangsaan, dan berwawasan lingkungan. Keseriusan program studi dalam mencapai visi tersebut dibuktikan dengan dipertahankannya kembali peringkat Akreditasi A untuk Program Studi Manajemen UNJANI pada bulan Mei 2020, berdasarkan hasil penilaian dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Berbagai upaya terus dilakukan untuk mempertahankan kinerja unggul Program Studi Manajemen UNJANI, antara lain dengan mengevaluasi kurikulum secara berkala agar tetap adaptif terhadap tuntutan lingkungan atas kualitas lulusan, termasuk mengimplementasikan kurikulum Kampus Merdeka yang diterapkan secara bertahap, serta mempertahankan dan meningkatkan kinerja seluruh dosen yang pada saat ini sebagian besar diantaranya sudah bergelar Doktor, telah memiliki jabatan fungsional, dan telah lulus sertifikasi dosen (serdos). Kualitas para dosen juga telah dibuktikan dengan prestasi beberapa dosen yang memiliki karya-karya ilmiah di tingkat nasional dan internasional, serta telah mendapatkan HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) atas karya-karya tersebut. Sementara kualitas para lulusan dibentuk sejak mereka masih menjadi mahasiswa, terbukti dengan diraihnya prestasi akademik dan non akademik oleh beberapa mahasiswa yang mampu berkompetisi, baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Tahun 2020 – 2025

Terakreditasi A

Surat Keputusan BAN-PT No. 2813/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2020

Unduh Sertifikat Akreditasi

Agar mampu menjadi lulusan dengan profil tersebut, maka Program Studi Manajemen UNJANI membekali para mahasiswa dengan kemampuan dan pengetahuan yang didapat dari berbagai metode pembelajaran setiap mata kuliah dalam kurikulum, yang dikelompokkan ke dalam 4 (empat) bidang kajian, yaitu bidang kajian manajemen operasi, manajemen keuangan, manajemen SDM, dan manajemen pemasaran.

  1. Bidang kajian Manajemen Operasi membekali lulusan dengan kemampuan melakukan analisis di bidang operasi, logistik, dan rantai pasokan serta kemampuan untuk merancang pilot project dan menguasai penggunaan software-software di bidang operasi.
  2. Bidang kajian Manajemen Keuangan membekali lulusan dengan kemampuan melakukan pengelolaan keuangan pada organisasi bisnis atau non bisnis dan mampu mengambil keputusan investasi yang tepat, khususnya di pasar modal. 
  3. Bidang kajian Manajemen Sumber Daya Manusia membekali lulusan dengan kemampuan untuk melakukan pengelolaan sumberdaya manusia berdasarkan ilmu-ilmunya dari segi filosofi, aspek teknis dan teoritis, serta aspek-aspek yuridis, mulai dari UU Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah, sampai Peraturan Menteri Tenaga Kerja. 
  4. Bidang kajian Manajemen Pemasaran membekali lulusan dengan kemampuan dalam memahami pergeseran praktik proses pengambilan keputusan konsumen dengan pendekatan digital yang berpengaruh besar pada perancangan dan pengeloaan strategi pemasaran konvensional menuju pemasaran digital yang lebih personal.
  1. Menjadi manajer tingkat pertama di bidang pemasaran, sumber daya manusia, operasi, dan keuangan yang bekerja di berbagai organisasi, baik bisnis maupun non bisnis. Bidang ini tersedia bagi lulusan yang berminat untuk menjadi manajer tingkat (level) pertama pada organisasi bisnis maupun non bisnis yang berskala lokal, nasional, maupun internasional.
  2. Menjadi wirausaha muda mandiri. Bidang ini ditujukan bagi lulusan yang memiliki minat untuk berwirausaha sehingga dapat memberikan kontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
  3. Menjadi analis atau konsultan bisnis profesional. Bidang ini ditujukan bagi lulusan yang berminat untuk menjadi seorang analis atau konsultan di lembaga penelitian atau konsultan bisnis yang berkaitan dengan penyelesaian masalah pada fungsi perusahaan seperti operasi, keuangan, sumberdaya manusia (SDM), dan pemasaran.