Program Studi Sarjana Akuntansi

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani mempunyai visi diakui sebagai institusi yang unggul dalam pendidikan Akuntansi dan Perpajakan berbasis teknologi informasi bertaraf internasional, berjiwa kebangsaan, berjiwa kewirausahaan, dan berwawasan lingkungan. Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Akuntansi menetapkan berbagai pola pendidikan dan pengajaran berkualitas yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, didukung oleh sarana dan prasarana perkuliahan dan laboratorium yang lengkap dan memadai untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing dalam bidang akuntansi dan perpajakan, serta memiliki keahlian penggunaan teknologi informasi. Proses pembelajaran pada Prodi Akuntansi Unjani didukung oleh dosen-dosen profesional dan praktisi berpendidikan S2 dan S3, memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan nasional dan internasional.

Program Studi Akuntansi Unjani telah meraih Akreditasi Unggul dari BAN PT. Dengan profil lulusan menjadi akuntan yang mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan berjiwa kewirausahaan, Program Studi Akuntansi telah menjalin kerjasama dengan instansi dan perusahaan untuk menyelenggarakan magang atau Kerja Praktik Mahasiswa dan rekrutmen lulusan. Dengan menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan International Education Standard, Program studi Akuntansi Unjani dapat menghasilkan lulusan yang diterima oleh perusahaan baik skala nasional maupun internasional.

Lulusan dilengkapi dengan sertifikasi kompetensi akuntansi berupa Uji kompetensi penyusunan laporan keuangan berstandar BNSP dengan bersertifikasi Certified Associate Data Entry dan Certified Associate Accounting Technician. Selain itu mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti pelatihan Brevet Pajak A dan B Terpadu bersertifikasi Certified Tax Technician dari Asosiasi Teknisi Perpajakan Indonesia.

Tahun 2022 – 2025

Terakreditasi Unggul

Surat Keputusan BAN-PT No. 14161/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/II/2022

Unduh Sertifikat Akreditasi

Tahun 2020 – 2025

Terakreditasi A

Surat Keputusan BAN-PT No. 3737/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020

Unduh Sertifikat Akreditasi

Tahun 2014 – 2019

Terakreditasi B

Surat Keputusan BAN_PT No.451/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014

Unduh Sertifikat Akreditasi

Tahun 2009 – 2014

Terakreditasi C

Surat Keputusan BAN_PT No.031/BAN-PT/Ak-XII/S1/X/2009

Unduh Sertifikat Akreditasi

 

  1. Bidang kajian Akuntansi Keuangan merupakan kelompok bidang keahlian terkait konsep dan aplikasi penyusunan laporan keuangan perusahaan jasa, dagang, dan manufaktur berdasarkan PSAK dan IFRS, serta standar akuntansi lainnya. Mata kuliah terdiri dari Akuntansi Keuangan, Akuntansi Internasional, Akuntansi Publik, Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi Perbankan,  Akuntansi Syariah, Praktika Aplikasi Akuntansi, dan Teori Akuntansi.
  2. Bidang kajian Akuntansi Manajemen merupakan kelompok bidang keahlian terkait proses mempersiapkan laporan operasional bisnis untuk membantu manajer membuat keputusan jangka pendek dan jangka panjang. Mata kuliah terdiri dari Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Sistem Pengendalian Manajemen, Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Investasi.
  3. Bidang kajian Sistem Informasi merupakan kelompok bidang keahlian terkait komponen sistem informasi akuntansi, analisis aktivitas bisnis, evaluasi pengendalian internal proses bisnis, merancang rangkaian dan pemodelan dokumentasi sistem informasi. Mata kuliah terdiri dari Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Pengantar Teknologi Informasi, Sistem Manajemen Berbasis Data, dan Audit Sistem Informasi.
  4. Bidang kajian Perpajakan merupakan kelompok bidang keahlian terkait peraturan perpajakan di Indonesia dan bagaimana melakukan perhitungan yang diperlukan dalam melakukan kewajiban perpajakan. Mata kuliah terdiri dari Perpajakan, Perencanaan Pajak, Pajak Internasional.
  5. Bidang kajian Auditing merupakan kelompok bidang keahlian terkait pemeriksaan akuntansi baik internal maupun eksternal, lingkungan Audit, profesi akuntan publik, audit laporan keuangan, tanggung jawab auditor, dan etika profesi. Mata kuliah terdiri dari Auditing, Audit Internal, Praktika Audit.

Profil lulusan program studi Akuntansi adalah “Menjadi akuntan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan berjiwa  kewirausahaan”. Profesi yang akan dihasilkan:

  1. Teknisi dan Analis Bidang Akuntansi 
  2. Teknisi dan Analis Bidang Keuangan 
  3. Teknisi Perpajakan 
  4. Junior Auditor Internal 
  5. Junior Auditor Eksternal 
  6. Analis Bisnis 
  7. Wirausaha