Menuju Profesionalisme Akuntansi: FEB UNJANI Ajak Mahasiswa Ikuti Brevet Pajak

Penulis: Sarah Febrina Yolanda [Copywriting Unit FEB Unjani]

Pada tanggal 1 Februari 2024, Program Studi Akuntansi Universitas Jenderal Achmad Yani menggelar acara “Sosialisasi Pelatihan Brevet Bersertifikasi.” Acara ini berhasil menarik lebih dari dua ratus peserta yang terdiri dari orang tua mahasiswa jurusan akuntansi berbagai angkatan khususnya angkatan 2022, mahasiswa jurusan manajemen, alumni dan mahasiswa kerjasama Direktorat Keuangan Angkatan Darat (Ditkuad).

Ketua Program Studi Akuntansi, Dr. Siti Kustinah, S.E., M.Si, membuka acara dengan penuh semangat, menjelaskan urgensi pelatihan brevet pajak bagi lulusan akuntansi. Keputusan penting diambil dengan memberikan kesempatan khusus bagi mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2022 untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Pelaksanaan brevet pajak menjadi mungkin berkat kerjasama yang strategis antara Universitas Jenderal Achmad Yani dan Trisakti Institute Educations and Business (TRIEBI), yang saat ini berada di bawah pengelolaan Badan Afiliasi (BAFIL) Universitas Trisakti. Pelatihan brevet yang direncanakan dilaksanakan dibulan April 2024 ini merupakan angkatan ke-11 sejak pertama kali dilaksanakan di UNJANI pada tahun 2018. 

Keunggulan dari sertifikasi ini tampak jelas dengan peluang bagi peserta untuk memperoleh sertifikat Certified Tax Technician (C.T.T) yang berlaku selama tiga tahun, dengan kewajiban memenuhi Satuan Kredit Profesi (SKP) setiap tahun atau 45 SKP setiap perpanjangan.

Kerjasama dengan Asosiasi Teknisi Perpajakan Indonesia (ATPI) Wilayah Jawa Barat memberikan nilai tambah, memungkinkan peserta yang lulus ujian sertifikasi mendapatkan gelar keahlian dan sertifikat kompetensi.

Tak hanya memberikan informasi, acara ini juga diwarnai dengan apresiasi dari alumni, seperti Sidik Permana Ramdan, alumni Manajemen Unjani 2002. Beliau berbagi kesuksesannya sebagai Manajer di Perusahaan Australia dan Komisaris Independent di Perusahaan go public (Tbk) Pt. Geoprima Solusi Tbk.

Pembicara terakhir, Bani Binekas, S.E., M.Ak., C.P.T.T., C.T.A, dosen program studi akuntansi dan bendahara ATPI Jabar, memberikan penjelasan teknis tentang pendaftaran, pelaksanaan brevet, ujian, hingga penyerahan. Kesempatan bertanya diberikan kepada peserta untuk memastikan pemahaman yang lebih baik.

Sosialisasi ini mencerminkan komitmen Universitas Jenderal Achmad Yani dalam memberikan dukungan pendidikan dan peluang karir kepada mahasiswa. Kerjasama erat dengan pihak eksternal dan apresiasi dari alumni menunjukkan bahwa program ini berhasil memberikan nilai tambah bagi peserta. Sertifikat yang diperoleh tidak hanya membuktikan kompetensi mahasiswa tetapi juga mempersiapkan mereka untuk meraih kesuksesan di dunia profesional.