Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) Menggelar Kegiatan Pengabdian Masyarakat “Remaja Peduli Sampah” (Rampes)

Penulis: Sarah Febrina Yolanda [Copywriting Unit FEB Unjani]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani) bersinergi dalam kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk “Remaja Peduli Sampah” (Rampes), yang diselenggarakan pada Jumat, 13 Oktober 2023. Kegiatan ini diadakan di SMKN 11 Bandung dan diikuti oleh 105 siswa.

Menggandeng Jubelo, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada remaja terkait isu hangat Bandung Raya sebagai daerah darurat sampah. Perwakilan dari Fakultas Kedokteran Unjani, Lia Siti Halimah, menjelaskan bahwa topik kegiatan ini dipilih agar remaja memahami dampak sampah terhadap kesehatan dan melihatnya sebagai peluang bisnis.

Lia menyampaikan, “Siswa diberikan materi awal mengenai jenis-jenis sampah agar mereka dapat memahami mana yang paling berisiko dan berbahaya. Selanjutnya, dalam jangka panjang, remaja diajak untuk mendaur ulang sampah.”

“Dalam pengelolaan yang kurang baik, sampah dapat berdampak negatif pada kesehatan, baik dari segi lingkungan hingga estetika karena kekotoran,” tambahnya. Menyoroti dampak lingkungan yang tidak sehat, Lia menekankan bahwa sampah berbahaya dapat menjadi penyebab kanker. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani, melalui perwakilan Tania Adialita dan Eka Septiarini, menyampaikan materi terkait pemanfaatan sampah hingga bernilai. Untuk meningkatkan kesadaran remaja dalam pengelolaan sampah, Unjani berencana menyasar sekolah lain sebagai langkah berkelanjutan. “Kami tidak berhenti di sini, ini bisa menjadi awal dari kegiatan yang berkelanjutan,” kata Lia.

Strategic Partnership Jubelo, Rain S Zulfikar, menyambut baik kolaborasi ini dan menyatakan apresiasi terhadap upaya Unjani dalam memberikan pemahaman dan gaya hidup terkait pengelolaan sampah kepada generasi muda. “Kami menyadari pentingnya kerjasama ini, karena tidak bisa bergerak sendiri. Keberadaan kesempatan dan ruang yang lebih luas memberikan peluang terbaik untuk memberikan pemahaman, terutama dalam pengelolaan sampah,” ucap Rain.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Unjani untuk berkontribusi pada pemahaman dan kesadaran masyarakat, khususnya remaja, terhadap isu penting ini.