Simulator Bisnis Batch IV Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJANI

Penulis: Intan Permata Dewi [Copywriting Unit FEB Unjani]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani menghadirkan kembali kegiatan Simulator Bisnis. Dimana, acara tersebut ditujukan kepada Mahasiswa FEB Unjani. Acara tersebut di fasilitasi oleh 6 Dosen Program Studi Akuntansi dan 3 Dosen Program Studi Manajemen yang terdiri dari CEO, Central Office (CO) dan Fasilitator. CEO bertugas memimpin perusahaan, Central Office (CO) bertugas sebagai narahubung antara peserta dengan para konsumen, pemasok, serta pihak eksternal lainnya sedangkan fasilitator bertugas untuk memenuhi kebutuhan fasilitas baik sarana dan prasarana terkait kegiatan simulator bisnis dan mendatangkan seorang yang cukup profesional di bidangnya, yaitu Bapak Dani Ramdani S.E.,M.Ak.,BKP.,CGRM.,CNPS.,CNST.,CGAM selaku Komisaris serta berkolaborasi dengan Baitul Maal wa Tamwil Fakultas Syariah Unisba yang berperan sebagai bank yang digunakan peserta untuk bertransaksi selama proses simulator bisnis. Acara yang dilaksanakan di ruang 3.1 sampai dengan ruang 3.7 Gd Marpaha FEB Unjani ini diikuti oleh
Acara yang berlangsung selama 8 Hari dimulai dari tanggal 9 Agustus 2023. Simulator Bisnis adalah wahana untuk mengeksplorasi miniatur dunia usaha dan industri menggunakan perusahaan virtual dengan metode “experiental learning” dan pendekatan lintas profesi / interprofessional education (IPE) dalam rangka memberikan gambaran dan mempersiapkan mahasiswa untuk memahami dengan lebih mendalam operasi bisnis di suatu perusahaan.
Pada kegiatan simulator bisnis kali ini 30 mahasiswa dibagi kedalam beberapa divisi diantaranya finance, tax, accounting, purchasing, human resource, marketing. Kegiatan Kegiatan Simulator Bisnis kali ini berjalan dengan lancar, para peserta sangat cekatan dan cepat menyerap cara-cara untuk menjalankan, mengelola, dan memahami segala fungsi dan sistem yang digunakan saat pelaksanaan. Setiap peran yang dijalankan membutuhkan skenario yang dirancang sehingga para peserta mampu menjalankan peran berdasarkan kompetensi yang diharapkan. Skenario disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan mampu dicapai oleh para peserta. Masing-masing bagian atau divisi memiliki kompetensi yang unik sehingga para peserta mendapatkan kesempatan untuk berlatih, belajar, dan mencoba berbagai keterampilan yang dibutuhkan sehingga memenuhi kompetensi yang diharapkan. Simulator bisnis ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang konsep operasi bisnis sebagai sarana pembelajaran bisnis yang revolusioner.