Training the Trainer Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani bersama MonsoonSIM

Penulis: Intan Permata Dewi [Copywriting Unit FEB Unjani]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani mengadakan acara Training the Trainer (TTT). Dimana, acara tersebut ditujukan kepada beberapa Dosen di Lingkungan FEB Unjani. Acara tersebut mendatangkan seorang yang cukup profesional di bidangnya, yaitu Bapak Andre Jatmiko, S.E merupakan seorang trainer di MonsoonSIM. Acara yang dilaksanakan di ruang 1.1 Gd Marphaha FEB Unjani ini diikuti oleh 5 Dosen Program Studi Manajemen dan 5 Dosen Program Studi Akuntansi.

Acara yang berlangsung selama 2 Hari ini dibagi menjadi beberapa tahapan pembelajaran. MoonsonSIM yang merupakan platform pendidikan gamifikasi. Platform ini telah digunakan dalam pendidikan bisnis sejak 2013. Dalam platform nya MoonsonSIM melakukan game simulasi bisnis dimana masing-masing tim akan bersaing untuk mengelola perusahaan virtualnya masing-masing. Kerjasama dan komunikasi merupakan salah satu elemen penting yang tidak terlepas dari permainan ini.

Pada kegiatan pelatihan ini dibagi menjadi dua hari, pada hari pertama para trainee mencoba mengaplikasikan fitur general, finance, procurement, retail, marketing, finance, wholesale, dan B2B serta pada hari selanjutnya dilanjutkan dengan fitur e-commerce, production, MRP, maintenance, Human Resource dan Service.

Sesi Traning The Trainer berjalan dengan lancar, para peserta sangat cekatan dan cepat menyerap cara-cara untuk menjalankan, mengelola, dan memahami segala fungsi dan sistem yang ada pada MonsoonSIM dengan baik. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mencobanya sebagai player. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para dosen dapat menjadi Fasilitator yang siap memimpin jalannya permainan MonsoonSIM yang akan menjadi salah satu media pembelajaran yang diterapkan di FEB Unjani.

Galeri Kegiatan Training the Trainer bersama MonsoonSIM