FEB Unjani lakukan Kunjungan Benchmarking Akreditasi Unggul LAMEMBA ke Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Penulis: Sarah Febrina Yolanda [Copywriting Unit FEB Unjani]

Dalam rangka persiapan re-akreditasi yang akan datang pada tahun 2025, Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Jenderal Achmad Yani (FEB Unjani) melakukan kunjungan benchmarking ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FEB UMP) pada hari Rabu, 11 Januari 2023, guna mempelajari praktik terbaik dan memahami perubahan terbaru dalam akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA).

Acara tersebut melibatkan serangkaian kegiatan, termasuk sambutan oleh Dekan FEB UMP Dr. Naelati Tubatuvi, S.E., M.Si, presentasi oleh Dekan yang sama mengenai topik yang dihadirkan, presentasi oleh Kepala Program Akuntansi S1 UMP, Iwan Fakhruddin, SE., M.Si., Ak, sesi tanya jawab, pemberian cendera mata, dan sesi penutup dan sosialisasi.

Dalam presentasinya, Dekan Dr. Naelati Tubatuvi menekankan bahwa untuk unggul, institusi harus mematuhi standar internasional. Hal ini tercermin dalam visi dan misi mereka, kompetensi mahasiswa, output dan outcome, serta kepatuhan mereka terhadap Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti).

Selain itu, beliau menyoroti bahwa untuk mencapai tujuan mereka, FEB UMP melibatkan pemangku kepentingan internasional dalam proses penyusunan visi dan misi mereka. Selain itu, FEB UMP berkolaborasi dalam penelitian dengan mitra asing, termasuk Universiti Teknologi Petronas Malaysia, dan terlibat dalam benchmarking untuk mengembangkan kurikulum mereka.

Kaprodi Akuntansi S1 UMP, Iwan Fakhruddin, SE., M.Si., Ak., sepakat bahwa kunjungan benchmarking seperti ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan dan belajar dari institusi pendidikan tinggi lainnya. Beliau juga menyampaikan bahwa acara tersebut sangat penting untuk menunjukkan bagaimana Program Akuntansi S1 di FEB UMP mencapai akreditasi yang sangat baik. Selain itu, beliau menunjukkan bahwa di antara 190 program FEB yang telah diakreditasi oleh LAMEMBA, hanya sekitar 28% yang memiliki status akreditasi yang sangat baik.

Secara keseluruhan, kunjungan benchmarking FEB Unjani ke FEB UMP merupakan kesempatan yang berharga untuk belajar, berbagi pengalaman, dan melakukan benchmarking. Praktik-praktik ini pasti akan membantu FEB Unjani lebih baik mempersiapkan diri untuk re-akreditasi yang akan datang dan mempertahankan status akreditasi yang sangat baik di masa depan.

Galeri Kegiatan Kunjungan Benchmarking Akreditasi Unggul LAMEMBA