Fakultas Ekonomi dan Bisnis Berpartisipasi dalam Pemberian Rekomendasi mengenai Program Pemetaan dan Sinkronisasi Program Pemberdayaan UMKM Kota Cimahi

Penulis: Intan Permata Dewi [Copywriting Unit FEB Unjani]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani berpartisipasi dalam kegiatan Program Pemetaan dan Sinkronisasi UMKM di Kota Cimahi Tahun 2022. Bekerjasama dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kota Cimahi, FEB mengadakan FGD (Focus Group Discussion) mengenai Pemulihan Ekonomi Sektor UMKM di Kota Cimahi yang merupakan Sub. Kegiatan Peraturan Pemerintah Kebijakan Peraturan pada Bappelitbangda Kota Cimahi. Acara tersebut dilaksanakan pada Jum’at, 19 Agustus 2022 pukul 08.00 s/d selesai dan bertempatkan di Aula B, Gedung B Lt. 1 Pemerintahan Kota Cimahi.

Dalam kegiatan ini Fakultas Ekonomi dan Bisnis diwakili oleh Ibu Tania Adialita, SE.,MBA selaku Wakil Dekan III FEB dan Dr. Yuyus Yudistira SE.,ME yang merupakan Dosen STIE Ekuitas bekerjasama dalam pelaksanaan penelitian dan penyusunan rekomendasi yang akan disampaikan. Pada kesempatan kali ini beliau memaparkan beberapa Rekomendasi untuk Program Pemetaan dan Sinkronisasi Program Pemberdayaan UMKM yang perlu dilakukan oleh Pemerintahan Kota Cimahi. Beberapa hal yang menjadi fokus dalam rekomendasi yang disampaikan diantaranya :

  1. Optimalisasi Fungsi Pengarahan dan Koordinasi
  2. Pengkinian Acuan Dasar Hukum Program Pemberdayaan UMKM
  3. Mekanisme Pendataan Program Pemberdayaan UMKM Yang Terintegrasi
  4. Mekanisme Pelaksanaan Program Pemberdayaan UMKM Yang Terintegrasi
  5. Mekanisme Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Program Pemberdayaan UMKM

Rekomendasi tersebut disusun berdasarkan hasil Analisa Rangkaian Focus Group Discussion yang melibatkan Organisasi Perangkat Daerah terkait, Bappeda dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi yang telah dilaksanakan dari bulan Maret hingga Agustus 2022. Rekomendasi yang disampaikan disambut positif oleh pihak Pemerintahan Kota Cimahi, diharapkan setiap rekomendasi ini dapat menjadi solusi untuk mendorong pengembangan dan peningkatan kapasitas UMKM Kota Cimahi sehingga memberikan ruang dan kesempatan lebih untuk setiap UMKM dalam meningkatkan bisnisnya.

Galeri Program Pemetaan dan Sinkronisasi UMKM di Kota Cimahi Tahun 2022