Webinar Education “Pentingnya Teknologi terhadap Peran Akuntan Muda di Era Revolusi Industri 4.0”

Cimahi- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani melalui HM KMJ Akuntansi Unjani menghadirkan webinar yang bertemakan “Pentingnya Teknologi Terhadap Peran Akuntan Muda di Era Revolusi Industri 4.0” yang diadakan pada Sabtu (17/07/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Agar sumber daya manusia tidak punah, maka perlu adanya pengetahuan tentang pengimplementasian teknologi, sehingga calon akuntan muda mampu beradaptasi di era globalisasi untuk bertahan dalam bersaing. Kegiatan tersebut dibuka untuk umum dan dihadiri oleh 500 lebih peserta dari berbagai kalangan, murid SMA dan sederajat, mahasiswa baik dari dalam maupun luar Unjani dan masyarakat umum.

Sambutan oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D

Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D selaku Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani. Dalam sambutannya Rektor Unjani mengatakan, “Ini penting karena kedepannya nanti profesi akuntan harus berdekatan dengan teknologi, tapi kita harus pastikan bahwa teknologi tidak akan menggantikan peran dari profesi akuntan”.  Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan persiapan dalam memasuki kegiatan pemaparan materi dari 2 pembicara, pembicara pertama yaitu Bapak Rizki Indrawan, SE., M.Ak., CA., CADE., CAAT (Dosen Tetap Prodi Akuntansi FEB Unjani) dan pembicara kedua yaitu Bapak Lorentz A. Sudarmoyo, S.Kom., M.Ak (Praktisi di Dunia Perbankan). Serta moderator yang memandu jalannya diskusi dan tanya jawab kegiatan kali ini yaitu Aldi Imran Ariyanto (Mahasiswa Akuntansi Unjani).

“Peluang dan Tantangan Profesi Akuntan di Era Revolusi 4.0” oleh Rizki Indrawan, SE., M.Ak., CA., CADE., CAAT (Dosen Tetap Prodi Akuntansi FEB Unjani)

Dalam sesi 1, yaitu pemaparan materi oleh narasumber pertama membahas mengenai “Peluang dan Tantangan Profesi Akuntan di Era Revolusi 4.0”. Dijelaskan secara mendasar tentang akuntansi secara general bahwa akuntansi itu mengklasifikasi, mengidentifikasi, menganalisis yang sampai kepada outputnya yaitu laporan keuangan. Profesi bidang akuntansi umumnya dikenal dari sosok seorang auditor, akuntan dan konsultan. Dalam hal profesi akuntan, kita menyediakan atau memberikan informasi keuangan yang dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan bagi pelaku usaha, manajer, maupun direktur. Peran dari akuntan tidak akan pernah bisa digantikan oleh robot, yang digantikan oleh robot adalah pekerjaan seorang akuntan yang tadinya membuat laporan keuangan secara manual sekarang cukup dengan aplikasi melalui teknologi akuntansi. Dengan adanya 4.0, teknologi informasi menjadi kebutuhan pokok agar informasi keuangan kita lebih efektif, efisien, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. Terakhir terdapat 4 langkah akuntan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yaitu awareness, education, professional development dan reaching out

“Penggunaan Teknologi Digital Bagi Seorang Akuntan” oleh Lorentz A. Sudarmoyo, S.Kom., M.Ak (Praktisi di Dunia Perbankan)

Dalam sesi 2, yaitu pemaparan materi oleh narasumber kedua membahas mengenai “Penggunaan Teknologi Digital Bagi Seorang Akuntan”. Bapak Lorentz memaparkan hal-hal penting seperti unsur utama dalam sistem akuntansi, konsep dasar, dan kesalahan dalam akuntansi yang nantinya berdampak di dunia kerja khususnya bagi seorang akuntan. Dalam akuntansi banyak tools yang bisa digunakan, alat tersebut dapat membantu akuntan untuk menyelesaikan pekerjaannya. Berikut aplikasi-aplikasi di dunia akuntansi yang digunakan oleh perusahaan yaitu Accurate, Myob, SAP, Omegasoft, Zahir, Sleekr, dan lain sebagainya. Kemudian, dijelaskan juga 5 alasan mengapa karir profesi akuntan bisa menjadi pekerjaan impian bagi mahasiswa karena peluang kerja yang sangat luas, keahlian yang sulit digantikan, penghasilan yang cukup tinggi, peluang karir bervariasi dan akuntan punya banyak ruang untuk berkembang. Akuntansi itu suatu bidang pekerjaan yang sangat luas dan dibutuhkan, maka tidak perlu khawatir dengan perkembangan zaman yang ada justru itu membantu pekerjaan kita sebagai seorang akuntan.

Setelah sesi 1 dan sesi 2 selesai, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya seputar materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber, terlihat jelas peserta sangat antusias dalam sesi tanya jawab dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Selain itu, panitia juga menyediakan games yang dapat diikuti oleh seluruh peserta dengan hadiah menarik. Kegiatan webinar berlangsung lancar dan seluruh peserta nantinya akan mendapatkan e-sertifikatdi akhir acara.

Para Peserta Kegiatan Webinar

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.