Webinar Gen Z Melek Inventasi “How to Invest Your Pocket Intelligently”

Gen-Z Melek Investasi: Webinar Edukasi Pasar Modal oleh FEB UNJANI

Cimahi – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani melalui Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM FEB Unjani) menyelenggarakan kegiatan Webinar Edukasi Pasar Modal bertajukan tema “Gen-Z Melek Investasi: How to Invest Your Pocket Intelligently” yang diadakan pada Sabtu (26/06/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut dibuka untuk umum dan dihadiri oleh 180 lebih peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa dari dalam mau pun luar Unjani dan masyarakat umum.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua PMB FEB Unjani, Ibu Miryam A. Sigarlaki, S.Psi., M.Psi., Psi. Serta Ibu Neni Maryani, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA., CTA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani. Dalam Sambutannya Dekan FEB Unjani mengatakan, “saya berharap para kaula muda khususnya Gen-Z ini bisa melek investasi sejak dini, dan tidak takut untuk memulai investasi. Semoga dari acara ini bisa menjadi batu loncatan awal agar berani memulai dalam berinvestasi.”

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan memasuki kegiatan pemaparan materi dari beberapa pembicara, pembicara pertamanya yaitu Eka Yulianti, S.E., M.si selaku Dosen KBK Manajemen Keuangan FEB Unjani. Kemudian pembicara kedua, Reza Sadat Shahmeini, S.E., M.M., selaku Head of Representatuve Indonesia Stox Exchange West java and West Sumatera. Serta pembicara ketiga, Rudy Kurniawan, S.T selaku Wakil Pialang Philip Sekuritas Indonesia. Dan pembicara terakhir dari Ersa Aprilia, S.E sebagai Alumni dari Manajemen FEB Unjani selaku Pelaku Investor Muda.

Dalam sesi pemaparan materi, dijelaskan secara mendasar dimana pemahamaan mengenai pasar modal yang merupakan pihak yang memfasilitasi kegiatan jual-beli sekuritas untuk penjualan surat berharga dalam bentuk financial asset seperti saham dan obligasi. Generasi muda yang ingin memulai investasi bisa dimulai dengan memahami dasar-dasar dunia pasar modal sehingga memiliki pengetahuan yang cukup untuk mulai menanamkan uang dan berinvestasi disana.
Gen-Z harus mulai menanamkan penyusunan anggaran dalam kehidupan sehari-hari untuk me-manage keuangannya agar lebih tersusun dan menghindari pola hidup yang terlalu konsumtif. Dimana penyusunan anggaran bulanan yang ideal adalah dengan pola penganggaran: 40% untuk kebutuhan, 30% untuk cicilan, 20% untuk investasi, tabungan dan asuransi, serta10% untuk ziswaf. Investasi sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dimasa depan, memulai investasi sejak dini tentunya perlu ditanamkan.

Dalam sesi kedua pemaparan materi Reza Sadat Shahmeini, S.E., M.M mengungkapkan keresahannya dimana beliau mengatakan, “masalah yang seringkali menimpa kaula muda yaitu masalah keuangan, dimana gaya hidup yang cenderung konsumtif. Apalagi dimasa sekarang ini banyak sekali pembelian dengan menggunakan metode kredit. Semoga para Generasi Z mulai bisa menerapkan gaya hidup yang berinvestasi tinggi bukannya konsumtif tinggi guna menghindari terjadinya kemiskinan dimasa yang akan datang.”

Penyampaian ke-empat materi berlangsung dengan terjalinnya interaktif yang baik antara pemateri dengan para peserta. Peserta turut antusias dengan mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab yang disediakan setelah sesi pemaparan berlangsung sehingga berlangsung dengan sangat menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.