Webinar Series Vol 4 – Akuntansi Yang Menyenangkan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani melalui PMB Universitas Jenderal Achmad Yani menghadirkan webinar series vol 4 yang bertemakan “Akuntansi Yang Menyenangkan” yang dilaksanakan pada Sabtu (17/04/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan dihadiri oleh xxx peserta, mulai dari guru BP SMA/SMK sederajat, siswa-siswi SMA/SMK sederajat, mahasiswa, alumni FEB Unjani dan masyarakat umum. Moderator yang memandu jalannya kegiatan webinar kali ini adalah Sarah Febrina Yolanda, S.E. Selanjutnya, pemaparan materi akan disampaikan oleh 2 narasumber yaitu, Rendi Kusuma Natita S.E., M.Ak., Ak yang merupakan Dosen Tetap Prodi Akuntansi FEB Unjani dan Yaumi Azhar, S.E., CTT yang merupakan alumni Prodi Akuntansi FEB Unjani dan sekerang bekerja sebagai Tax Professional di PT. Samsung Electronics Indonesia. 

Acara dibuka dengan sambutan dari Miryam A. Sigarlaki, S.Psi., M.Psi., Psi selaku Ketua PMB Universitas Jenderal Achmad Yani. Dalam sambutannya Ketua PMB Unjani menyampaikan bahwa, webinar ini terselenggara guna menjawab adanya kebutuhan permintaan serta tantangan dalam memberikan informasi, edukasi dan wujud pelayanan terhadap masyarakat luas di seluruh Indonesia. Edukasi ini terkait peminatan jurusan di Perguruan Tinggi dan memperkenalkan bidang ilmu yang berkembang saat ini. Unjani ingin membantu masyarakat dalam mewujudkan Indonesia cerdas dengan meningkatkan kehidupan bangsa melalui pendidikan disiplin, tangguh dan berkarakter, oleh karena itu Unjani hadir sebagai Perguruan Tinggi dengan konsep smart and military university sebagai solusi terbaik untuk memilih Perguruan Tinggi. 

Sambutan Ketua PMB Unjani dilanjutkan dengan sambutan dan sekaligus pembukaan acara webinar kali ini oleh Neni Maryani, S.E., M.Si., Ak., CA., CPA., CTA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani. Dekan FEB Unjani mengatakan, “Jika kita menyikapi proses perkuliahaan dengan positif pasti akan menyenangkan apalagi sudah memiliki visi untuk menjadi apa di masa depan”. Tema webinar kali ini sangat tepat bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa untuk menjawab bagaimana akuntansi bisa menyenangkan selama proses kuliah. Ibu Neni juga membagikan pengalaman karirnya sebagai seorang akuntan pendidik sekaligus sebagai akuntan publik yang sangat menyenangkan dan memberikan banyak manfaat salah satunya, bekerja sambil travelling dan memperluas relasi.

Akuntansi dalam arti sempit merupakan kegiatan mencatat dan melaporkan. Narasumber menjelaskan beberapa alasan mengapa akuntansi menyenangkan, salah satunya karena akuntansi merupakan ilmu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, seorang mahasiswa yang memperoleh uang saku dari orang tua, kemudian mahasiswa tersebut membuat anggaran mulai dari penerimaan sampai pengeluaran uang saku yang diperoleh dan mencatatnya. Ilmu akuntansi yang menyenangkan itu bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, universitas yang terakreditasi seperti Unjani, dan organisasi/ikatan akuntansi. Terdapat 2 kriteria orang yang cocok dalam mempelajari akuntansi seperti yang telah dijelaskan oleh Bapak Rendi yaitu, seseorang yang tanpa paksaan dalam mengambil peminatan di jurusan Akuntansi dan seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk sukses berkarir, berwirausaha dan siap mengimplementasikan ilmu akuntansi. 

Nah, agar akuntansi menjadi menyenangkan dan berhasil ada hal-hal yang harus dihadapi mahasiswa selama berkuliah salah satunya mempersiapkan mental dalam menghadapi permasalahan, berpikir logis, menerapkan metode belajar dan membangun relasi. Selain memberikan pemaparan materi, narasumber juga menayangkan pemutaran video testimoni lulusan Prodi Akuntansi dari berbagai Perguruan Tinggi ternama untuk memberikan gambaran jenjang karir lulusan Akuntansi yang menjanjikan bagi seluruh peserta. Terakhir, disampaikan kesimpulan dan pesan dari narasumber bahwa, akuntansi adalah ilmu yang menyenangkan dan menjanjikan bagi mereka yang memiliki keyakinan masa depan. Maka luangkanlah waktu untuk menambah ilmu dan relasi, karena waktu luang yang kalian manfaatkan hari ini akan menentukan waktu kalian di masa yang akan datang. 

Pada materi selanjutnya Kak Yaumi membahas mengenai permasalahan umum yang sering terjadi pada mahasiswa seperti bosan, kurang motivasi, kurang bersosialisasi, tidak mau berkorban, dan terlalu banyak bersenang-senang. Dari masalah umum yang telah diuraikan sebelumnya, permasalahan yang paling banyak terjadi adalah bosan. Berdasarkan pengalaman rekan organisasi dan rekan kerjanya saat menjadi mahasiswa, dikatakan bahwa di waktu-waktu tertentu saat berkuliah mereka merasa bosan. Kebosanan itu akhirnya membuat mereka kehilangan motivasi untuk belajar bahkan bermain, akibatnya hal tersebut dapat membuat mahasiswa menjadi kurang bersosialisasi. 

Lalu bagaimana sih cara untuk memecahkan masalah tersebut, ada pepatah yang mengatakan “Life is like accounting everything must be balance”. Seperti yang dilakukan narasumber, selain berkuliah ia juga melakukan banyak kegiatan lain di luar kuliah yang membuatnya tetap semangat dan fokus. Menurutnya, permasalahan tersebut muncul karena seseorang tidak mengetahui tujuan hidupnya di masa mendatang. Solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah kita harus menciptakan tujuan (set your goals) dengan merubah sistem dalam diri. Jika kita mengetahui tujuan kita apa, secara tidak sadar kita akan membangun jalan/proses step by step yang harus kita lakukan menuju tujuan yang ingin kita capai. Terakhir, kak Yaumi membagikan pengalamannya selama menjadi mahasiswa di FEB Unjani, ia mengikuti banyak kegiatan seperti perlombaan, membangun bisnis, mengikuti pelatihan pajak, melakukan kunjungan industri, mendapatkan beasiswa dan lain-lain.  

Setelah pemaparan materi dari narasumber selesai, dilanjutkan acara sharing alumni Prodi Akuntansi FEB Unjani oleh R. Utomo Ajipriyanto, S.E., CertIFR bekerja di PT. Telkom Indonesia dan Andre Rizky Mandala P S, S.E., C.T.T bekerja di PT. Minamas Plantation. Pada kesempatan kali ini, kak Aji Priyanto dan kak Andre membagikan pengalaman karirnya setelah lulus dari FEB Unjani. Kak Andre juga merupakan salah satu penerima beasiswa Minamas melalui program kerjasama antara Unjani dengan PT. Indotruba Tengah Minamas Plantation. Acara webinar berlangsung lancar dan semakin menarik dengan adanya sesi sharing bersama alumni Prodi Akuntansi FEB Unjani. Dengan diselenggarakannya acara webinar kali ini, diharapkan dapat memberikan informasi seputar jurusan Akuntansi dan memotivasi peserta untuk mencapai karir di masa mendatang. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.