Talkshow Webinar “Potensi Lulusan Prodi Manajemen”

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani menghadirkan talkshow webinar yang bertemakan “Potensi Lulusan Prodi Manajemen” yang diadakan pada Minggu (28/03/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar kali ini akan membagikan info peluang-peluang apa saja yang dapat diraih oleh lulusan Program Studi Manajemen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh xxx peserta, mulai dari siswa-siswi SMA sederajat, mahasiswa dan masyarakat umum. Acara dibuka dengan sambutan dari Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D selaku Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani. 

Dalam sambutannya Rektor Unjani mengatakan, siswa-siswi SMA sederajat perlu mempertimbangkan untuk melanjutkan studi di Unjani khususnya jurusan Manajemen. Karena berbagai alasan salah satunya adalah Unjani merupakan universitas milik TNI AD melalui Yayasan Kartika Eka Paksi, Unjani saat ini sedang giat dalam melakukan pengembangan kampus dan teknologi kampus Information Communication Technology (ICT) setelah 30 tahun berdiri. Mahasiswa akan di didik dengan disiplin yang tinggi, dibekali ilmu yang memadai untuk membangun karakter yang mengedepankan loyalitas dan sopan santun dalam bertindak. Bahkan universitas-universitas besar sekalipun tidak bisa mempunyai kekhasan yang dimiliki Unjani yaitu mahasiswa bisa melakukan program magang di kesatuan-kesatuan atau cabang-cabang di lingkungan TNI AD.

Moderator yang memandu jalannya acara webinar kali ini adalah Sarah Febrina Yolanda, S.E dan Faizal F. Sigarlaki, MSM yang merupakan dosen tetap Program Studi Manajemen Unjani. Sebelum memasuki pemaparan materi disampaikan pembacaan karakter profil lulusan Prodi Manajemen Unjani mulai dari tahun 1995-2020 oleh Abdul Ahmad Hafidz N, SE., MM selaku ketua tim Tracer Study. Hasil data yang diperoleh melalui penelusuran alumni ditemukan bahwa kegiatan utama alumni setelah lulus yaitu 49% langsung bekerja, 16% wirausaha, 2% melanjutkan sekolah dan 31% masih menunggu pekerjaan yang paling tepat. 

Pemaparan materi pada webinar yang bertemakan “Potensi Lulusan Prodi Manajemen” akan disampaikan oleh 5 narasumber yaitu, Tania Adialita, SE., MBA (Dosen KBK Manajemen Pemasaran), Eka Ludiya, SE., MM (Dosen KBK Manajemen Operasi), Dr. Vrans Romi, SE., MM., CHRA (Dosen KBK Manajemen Sumber Daya Manusia), Eka Yulianti, SE., M.Si (Dosen KBK Manajemen Keuangan) dan Chandra Yudhistira Purnama, M.Psi., (Psikolog Pendidikan).

Menurut Philip Kotler pemasaran adalah seni dan ilmu. Karena cakupan proses pemasaran yang luas maka peran atau karir di bidang manajemen pemasaran sangat luas. Karir yang bisa diraih oleh lulusan sarjana manajemen khususnya kbk manajemen pemasaran di Unjani ada 3 yaitu, manajer tingkat pertama, wirausaha muda mandiri dan analis/konsultan. Contoh jenjang karir di dunia pemasaran adalah account coordinator, marketing coordinator, brand manager, promotion manager, director of marketing dan lain-lain. Dijelaskan  juga keahlian yang dibutuhkan dalam bidang pemasaran seperti creativity, listening, enthusiasm, story telling dan teamwork. 

Manajemen operasi adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Prospek kerja manajemen operasional di perusahaan manufaktur yaitu product design, procurement, quality control, warehousing, dan delivery. Sedangkan prospek kerja di perusahaan jasa yaitu process design, scheduling, quality control process, dan maintenance machine & equipment. Terakhir, prospek kerja lain adalah menjadi seorang wirausaha dan analis/dosen dengan fokus penelitian mengenai quality control, supply chain management, inventory dan maintenance

Manajemen sumber daya manusia memiliki 3 fungsi operasional pengadaan, pengembangan dan pemeliharaan. Potensi lulusan manajemen sdm adalah sebagai konsultan/spesialis seperti job analyst, recruiter, organization development specialist, industrial relation specialist, compensation & benefit specialist, competency assessor. Prospek kerja lainnya adalah sebagai hrd perusahaan (staff, supervisor, assistant manager, manager, general manager, director), trainer, dosen dan peneliti. Selanjutnya, dijelaskan tentang mata kuliah yang ditawarkan pada jurusan manajemen FEB Unjani yang sesuai dengan kompetensi yang dicari oleh perusahaan.

Manajemen keuangan adalah semua aktivitas perusahaan yang bersangkutan dengan usaha mendapatkan dana dengan biaya yang murah serta usaha untuk mengalokasikan dana tersebut secara efisien. Selanjutnya, prospek kerja jurusan manajemen keuangan yaitu sebagai manajer, konsultan keuangan, dan wirausaha di bidang keuangan. Untuk posisi manajer terbagi lagi menjadi manajer kas, manajer risiko dan masih banyak lagi. Prospek kerja lainnya adalah menjadi investor, cpns, dosen, pegawai bank, analis investasi, analisis kredit, analis keuangan, supervisor bidang keuangan, financial planner, dan lain-lain. 

Dalam sesi terakhir, bapak Chandra membahas mengenai minat bakat dan strategi pengambilan keputusan karir. Secara internal, tidak sedikit banyak orang yang kurang mengenali potensi diri dan sebaiknya dikenali sejak awal sebelum mengambil keputusan karir. Pada sesi ini, narasumber mencoba membantu mahasiswa dan calon mahasiswa menggali potensi diri melalui alat ukur CDMSE. Tujuannya untuk melihat keyakinan diri seseorang akan kemampuannya dalam menyelesaikan serangkaian tugas yang terkait pengambilan keputusan karir. Terakhir, di berikan penjelasan mengenai tes minat yang umum digunakan untuk memotret minat seseorang.

Kegiatan webinar berlangsung sangat menarik, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya seputar materi yang telah disampaikan oleh seluruh narasumber bahkan peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengetahui minat dan bakat yang dimiliki dilengkapi dengan informasi dari psikolog pendidikan tentang bagaimana menggali potensi diri. Dengan diselenggarakannya talkshow webinar kali ini, diharapkan memberikan informasi seputar peluang-peluang yang dapat diraih oleh lulusan program studi Manajemen FEB Unjani. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.