Membahas Komunikasi dalam Tim pada Kuliah Umum Bersama FEB UNJANI

Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Internasional

Program Studi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani menyelenggarakan Kuliah Umum Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Internasional dengan mengangkat tema “Komunikasi dalam Tim” yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 Maret 2021 lalu secara daring via Aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan Kuliah Umum ini dihadiri oleh 400 orang peserta yang merupakan Mahasiswa Program Studi Jurusan Manajemen yang mengontrak Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Internasional.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Jurusan Program Studi Manajemen, Dr. Ferikawita Magdalena Sembiring, S.E., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “komunikasi dalam tim memang sangat diperlukan untuk dapat menjalin sebuah kerjasama yang baik. Diharapkan dari penyajian materi yang dibawakan oleh Narasumber kami hari ini semoga dapat memberikan gambaran bagi Mahasiswa mengenai bagaimana kondisi real berkomunikasi, serta menjalin komunikasi dalam tim di dunia kerja nantinya bagi semua peserta yang hadir.”

Kegiatan kuliah umum berjalan dengan dipandu oleh Abdul Ahmad Hafidh N, S.E., M.M selaku Dosen Program Studi Jurusan Manajemen FEB Unjani. Serta menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Galang Buana, S.E., M.M selaku Consumer Banking Division of Bank Jabar Banten, Hendra Nurdiansyah, S.E., M.M selaku Manajer PPK Kanwil I Bank Jabar Banter dan juga Rikrik Riesmawan, S.E., M.M selaku CEO Nibras Fashion.

Dalam pemaparan materi pertama oleh Galang Buana, S.E., M.M menjelaskan bahwa komunikasi merupakan sutau proses penyampaian informasi baik berupa pesan, ide mau pun gagasan dari suatu pihak kepada pihak lain yang pada umumnya komunikasi sendiri dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Bentuk komunikasi yang efektif sendiri harus dapat menyampaikan informasi dan menghasilkan kesimpulan dari pengertiannya, menghasilkan suatu kesenangan, dapat mempengaruhi sikap, menghasilkan hubungan sosial yang lebih baik dan juga dapat menghasilkan tindakan nyata. Beliau juga menyampaikan mengenai bentuk dari teknik komunikasi yang baik memiliki 4 poin yaitu dapat mendengarkan dengan baik, terampil dalam berbicara, gaya bicara yang tepat serta penampilan yang menarik.

Sesi selanjutnya materi dibawakan oleh Hendra Nurdiansyah, S.E., M.M dalam pemaparan materinya beliau menjelaskan tujuan dari komunikasi dalam bisnis sendiri yaitu memberikan informasi, mempengaruhi orang lain, menolong orang lain untuk dapat menyelesaikan masalah dan juga membuat keputusan serta dapat mengevaluasi perilaku. Beliau menyampaikan bahwa banyak sekali jenis komunikasi dalam tim yang dapat terjadi dalam ruang lingkup bisnis di dunia kerja tidak hanya secara verbal baik berbicara atau pun mendengarkan, tetapi juga dalam bentuk tulisan baik menulis atau pun membaca. Juga pentingnya berkomunikasi dalam tim di dunia perusahaan harus sesuai dengan SOP yang sudah ditentukan,

Dalam sesi pemaparan materi terakhir oleh Rikrik Riesmawan, S.E., M.M beliau menjelaskan bagaimana komunikasi dalam tim yang diimplementasikan oleh Nibras Fashion dalam arah bisnis yang berjalannya diawali dengan melaksanakan rapat kerja tahunan, dimana semakin efektif rapat kerja tahunan yang dicapai maka semakin tinggi pula target perusahaan yang akan dicapai selanjutnya.  Beliau juga menjelaskan bahwa Nibras Fashion mengimplementasikan kegiatan board meeting, execution dan final report yang dimana merupakan bentuk komunikasi dalam tim di perusahaan agar dapat kondusif dan kegiatan berjalan dengan sesuai susunan rencana kerja. Beliau juga menyampakan bahwa kunci sukses dalam komunikasi bisnis yaitu knowledge, intonasi, respect dan antusias.

Serangkaian pemaparan materi dalam kuliah umum yang dibawakan oleh ketiga narasumber tersebut berjalan dengan sangat menarik. Sesi tanya jawab dipenghujung acara juga berlangsung sangat interaktif antara peserta Mahasiswa dengan Narasumber, dimana beberapa Mahasiswa mengajukan pertanyaannya mengenai keresahannya mengenai hambatan berkomunikasi dalam organisasi. Dengan diselenggarakannya kegiatan kuliah umum komunikasi dalam tim tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi seluruh peserta Mahasiswa mengenai implementasi berkomunikasi dengan tim yang baik  dalam suatu organisasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.