Peran dan Tantangan Mahasiswa sebagai Penerus Kepemimpinan di Masa Mendatang

Webinar Leadership untuk Masa Mendatang oleh HM KMJ Manajemen UNJANI

Himpunan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Jenderal Achmad Yani mengadakan seminar daring pada Minggu (21/02/2021) lalu via Aplikasi Zoom Meeting. Webinar ini mengusung tema “Peran dan Tantangan Mahasiswa sebagai Penerus Kepemimpinan di Masa Mendatang” dengan tema tersebut, topik pembahasan utamanya yaitu bagaimana merancang kepemimpinan sesuai dengan kebutuhan zaman yang semakin berkembang dari tahun ke tahun, serta bagaimana tantangan yang akan dihadapi oleh generasi muda pada saat yang akan datang.

Kegiatan webinar dipandu oleh moderator Sarah Febrina Yolanda, S.E yang juga merupakan alumni Program Studi Manajemen FEB UNJANI. Menghadirkan keynote speaker Letkol Inf. (Purn.) Ngatiyana selaku PLT Walikota Cimahi, dan juga ketiga pembicara yaitu Tobias Ginanjar Sayidina, S.A.P selaku Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Dr. Arlan Siddha, S.IP., M.A selaku Dosen Ilmu Politik dan Pengamat Politik Fakultas ISIP Universitas Jenderal Achmad Yani dan juga Dadan Kadarsah, S.E selaku Vice President BUMN Pegadaian Area Bandung

1.Acara Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Universitas Jenderal Achmad Yani, Dr. Dewi Ratih Handayani., M.Kes. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “mungkin pada masa sekarang ini, dalam dunia perkuliahan Ibu dan Bapak Dosen berperan sebagai leadership di lingkungan kampus ini bagi Mahasiswa, tetapi tentunya dimasa yang akan datang justru Mahasiswa dan Mahasiswi ini yang akan menjadi pemimpin selanjutnya. Pemimpin dan pimpinan sendiri memiliki makna yang berbeda, dimana pemimpin lebih condong memiliki tanggung jawab yang dapat memberikan contoh baik kepada rekan-rekan juga anggotanya. Saya harap acara ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan banyak ilmu mengenai kepemimpinan bagi seluruh pihak yang ikut serta, khususnya Mahasiswa yang akan menjadi pemimpin masa mendatang.”

Dalam pemaparan materi dari keynote speaker Letkol. Inf. (Putn.) Ngatiyana menjelaskan mengenai kepemimpinan yang memiliki arti sebuah seni dan kecakapan yang mempengaruhi serta membimbing kepada orang yang dipimpin sehingga tumbuh kemauan, kepercayaan, keseganan, ketaatan dan kerja sama yang ikhlas dalam pelaksanaan tugas. Ciri seorang pemimpin juga memiliki tipe yang otoriter, demokratis, liberal dan pernalistik. Serta ciri-ciri kepemimpinan yang baik yaitu disiplin, memiliki moral, berjiwa korsa atau kesatuan serta memiliki kecakapan atau ketangkasan dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Dalam sesi pemaparan materi selanjutnya yang dibawakan oleh Dr. Arlan Siddha, S.IP., M.A menjelaskan mengenai tantangan yang harus dihadapi dan diantisipasi dalam masalah leadership ini terutama mengenai isu revolusi industri 4.0 dalam berbagai sektor, para Milenial Leaders ini harus berkutat pada isu-isu mengenai big data, smart city, virtual-augmenter reality, artificial intelligence, cloud computing, 3D printing, advance robotic, serta profesi-profesi yang baru bermunculan seperti games developer, animator, videographer dan lainnya. Sehingga dalam isu sekor bisnis mengenai bagaimana mengintegrasikan bisnis ke dalam teknologi dan menjaga ritme kerja yang sekarang sangat serba cepat. Pemimpin masa kini, generasi Milenial dan Gen-Z dapat membangun kepemimpinan dimulai dengan hal-hal yang disukai sesuai passion-nya dan juga menyelipkan misi sosial dalam pekerjaannya.

Tobias Ginanjar Sayidina, S.A.P dalam pemaparan materinya juga menjelaskan bagaimana kaidah memulai memimpin yang baik, dimana tidak boleh mengambil sikap apatis, harus terbuka, bertanggung jawab, mengatur sikap dalam penyelesaian masalah, pemilihan pengambilan keputusan yang tepat, mengelola manajemen yang baik, dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi serta berstrategi. Pemateri terakhir, Dadan Kadarsah, S.E juga menyampaikan bahwa sebagai calon pemimpin di masa mendatang, diharapkan generasi muda saat ini mulai mempersiapkan diri untuk mengasah jiwa kepemimpinannya.

Materi dari ke empat speakers membuat serangkaian kegiatan webinar berlangsung dengan sangat menarik. Acara webinar juga berlangsung sangat interaktif antara pemateri dan peserta, dimana dalam sesi tanya jawab peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaannya mengenai kepemimpinan yang diruang lingkup mahasiswa sendiri masih perlu banyak belajar karena belum memiliki kemampuan yang mumpuni dalam skill leadership tersebut. Dengan diselenggarakannya webinar kepemimpinan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi bermanfaat terutama bagi kaula generasi muda seputar kaidah-kaidah kepemimpinan agar dapat menjadi pemimpin yang baik di masa mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.