Mengenal Lebih Dekat Profesi Seorang Akuntan Bersama FEB UNJANI

Webinar Series PMB Universitas Jenderal Achmad Yani Vol. 2

Sabtu, 13 Februari 2021 lalu dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Jenderal Achmad Yani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNJANI mengadakan Webinar Series Vol. 2 dengan mengusung tema “Mengenal Lebih Dekat Profesi Akuntan”. Webinar ini terbuka untuk masyarakat umum dimana pemilihan tema ini diangkat dengan tujuan perkenalan kepada siswa-siswi calon Mahasiswa Baru yang tertarik dengan jurusan Akuntansi tetapi mungkin masih belum mengetahui lebih dalam bagaimana profesi yang akan digeluti oleh seorang Akuntan.

Kegiatan webinar dibuka dengan sambutan dari Ketua PMB UNJANI 2021, Miryam A. Sigarlaki, M.Psi. Kemudian dilanjut dengan sambutan dari Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. Webinar ini berjalan dengan dipandu oleh Sarah Febrina Yolanda, S.E yang juga selaku sebagai Alumni Program Studi Manajemen FEB UNJANI. Serta diisi oleh Narasumber, Dwi Indah Lestari, S.E., M.Com., Ak., CA selaku Dosen di Program Studi Akuntansi FEB UNJANI.

Dalam pemaparan materi oleh Narasumber, membahas sebuah riset yang diklaim dari World Economic Forum yang menyatakan bahwa permintaan minat pekerjaan dalam profesi bidang Accounting, Bookkeeping, Payroll Cierks and Accountant and Auditors diperkirakan akan mengalami penurunan pada tahun 2025. Dwi Indah Lestari menjelaskan bahwa bukan bearti profesi Akuntan sendiri akan ‘mati’ dimasa yang akan datang. Tetapi, penerapan dari profesi Akuntan akan menggunakan teknologi untuk menutupi technical gaps. Sebagai contoh teknologi akan membantu profesi Akuntan pada masa yang akan datang sudah diluncurkan oleh KAP KPMG, dimana profesi Auditor akan dibantu oleh robot komputer dalam proses pengolahan data, tetapi dalam bagian pembuatan analisis audit tetap akan dilaksanakan oleh Auditor sendiri. Teknologi disini, tetap hanya sebatas figur ‘pembantu’ karena dalam penyimpulan analisis akan tetap dilaksanakan oleh Auditor sepenuhnya. Maka dari itu, profesi Akuntan tetap saja dibutuhkan dimasa yang akan datang. Diharapkan seorang akuntan dapat menyesuaikan dirinya dengan keadaan teknologi yang tentunya akan terus-menerus berkembang disetiap tahunnya.

Sebagai seorang Akuntan tentunya harus memiliki integritas, karena seorang harga diri seorang Akuntan adalah dapat mempertahankan integritasnya. Beberapa softskills lainnya yang relevan dan dibutuhkan dalam posisi profesi ini antara lain yaitu problem solving dan komunikasi. Profesi Akuntan yang mungkin selama ini sudah cukup familiar dimasyrakat yaitu Akuntan Perusahaan, Auditor, Konsultas, Akuntan Pemerintahan (PNS, BPK, Departemen Keuangan), Akuntan Forensik, Konsultasn Pajak, Akuntan Pendidik dan Akuntan Manjemen. Padahal seiring berjalannya waktu, profesi Akuntan pun semakin berkembang dan membuka jenjang karir yang luas. Pada sekarang ini, ada beberapa profesi baru dari cabang Akuntansi yaitu Akuntan Sistem, Akuntan Lingkungan, Perencana Keuangan dan Manajemen Risiko. Dan kemungkinan dimasa yang akan datang pun tentunya profesi dari seorang Akuntan akan semakin bervariasi, dimana seperti yang sebelumnya dipaparkan oleh pemateri bahwa profesi Akuntan akan berdampingan dengan penggunaan teknologi yang mutakhir agar Akuntan dan memanfaatkan pemrosesan pengolahan big data dan merancang sistem perusahaan.

Kemudian sesi selanjutnya yaitu Thought from Alumni dimana hadir alumni FEB UNJANI yaitu Nadia Putri, S.E dari Program Studi Akuntansi Angkatan 2009 yang kini bekerja di PT BDO Konsultan Indonesia yang merupakan Kantor Akuntan Publik yang juga berafiliasi dengan Kantor Akuntan Publik Global, dimana PT BDO Konsultan Indonesia ini memiliki 167 cabang diberbagai Negara.  Serta hadir pula alumni muda, Ita Devina Zhardi, S.E., CATT dari Program Studi Akuntansi Angkatan 2016, dalam sesi sharing-nya Ita yang sembari masih menunggu jadwal Wisudanya itu bercerita tengah merintis 2 bisnis produk fashion yang secara keseluruhan ia handle sendiri dari mulai proses pemilihan bahan, produksi sampai finishing dan penjualannya.

“Pada awalnya, saya masuk Akuntansi juga masih meraba-raba ‘akuntansi itu apa sih?’ tetapi saya bersyukur karena Dosen di Program Studi Akuntansi FEB UNJANI ini tidak hanya sebatas terfokus mengajar materi perkuliahan terkait, tetapi juga mengajak sharing mahasiswanya agar lebih aktif. Kebetulan saya sempat menjadi Asistan Lab Sistem Akuntansi, yang sejauh ini sangat terasa sekali membantu saya ketika terjun di dunia kerja.” Jelas Nadia Putri selaku Alumni yang kini bekerja dalam industri Konsultan Akuntan Publik tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.